Selasa, 09 Mei 2023

Sebelum Membeli Joran Pancing, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

goldentoadfish | Joran pancing merupakan salah satu alat terpenting yang harus dibawa saat hendak memancing ikan. Alat ini berguna untuk memudahkan para pemancing saat menarik ikan yang nyangkut di kail. Bagi Anda yang baru pertama kali membeli joran pancing, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya tidak menyesal di kemudian hari. 

Sebagai informasi, aktivitas memancing kini telah menjadi hobi yang paling digemari khalayak umum. Selain sebagai sarana rekreasi, seperti dikutip dari Huffington Post, kegiatan mancing ikan di alam terbuka disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kardiovaskular, hingga menguatkan otot. 

Lantas, apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli joran pancing? Melansir Fishing Booker, simak tipsnya berikut ini:





1. Sesuaikan dengan Medan dan Jenis Target Ikan 

Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih joran adalah spesies apa yang Anda targetkan dan bagaimana Anda akan menargetkannya. Misalnya, jika Anda berencana memancing hanya di anak sungai dan muara yang dangkal, lebih cocok menggunakan joran pancing yang ringan daripada tongkat selancar yang berat. Namun jika menargetkan ikan berukuran besar, wajib hukumnya untuk membeli joran yang lebih berat dan kuat.

2. Perhatikan Bahan Joran 

Ada beberapa jenis bahan maupun komposit joran yang bisa kita temukan di pasaran, seperti fiber, karbon, ataupun karbon komposit. Masing-masing bahan tersebut memiliki kriteria yang berbeda. Sebagai contoh, joran berbahan fiberglass yang memiliki karakter lentur dari ujung sampai pangkal. Sedangkan bahan komposit memiliki tekstur yang lebih baik, namun harganya cukup mahal.

3. Sesuaikan Teknik Memancing 

Joran pancing turut mempengaruhi seberapa nyaman pemancing melakukan teknik-teknik tertentu saat memancing. Karena itu, pemancing perlu memperhatikan jenis teknik mancing apa yang bakal digunakan saat hendak membeli joran pancing baru. Jangan sampai ketika sudah waktunya memancing di laut terjadi berbagai masalah, seperti senar nyangkut hingga joran patah.

4. Disesuaikan dengan Jenis Reel 

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli joran pancing baru adalah disesuaikan dengan jenis reel yang akan Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan jenis spinning reel, direkomendasikan untuk memilih joran tipe underhead reel. Sementara saat menggunakan jenis baitcasting reel, disarankan membeli joran pancing overhead reel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Game Mancing Ikan Android dan iOS Terbaik

goldentoadfish |  Memancing adalah kegiatan menangkap ikan menggunakan alat pancing yang menyenangkan, baik untuk olahraga, hobi, rekreasi,...